Minggu, 16 Maret 2014

IFY : cara main ask fm


Halo semua! Gue mau nulis nih sekalian ngasih info ke lo semua tentang cara main ask fm. Kalian udah tau kan apa itu ask fm? Ituloh sejenis socmed yg perannya tuh buat asking orang dan answer any question dari orang-orang itu. Ini tuh seru bgt yaak! Kalo kalian udah pada ngerti pasti bakal addict banget deh sama socmed ini. Oke dimulai dari sini caranya.

Kalian harus punya account ask fm dulu sebelum bisa bermain dengan socmed ini. Caranya gampang kok, kaya sign up twitter gituu~ nah! Kalau kalian udh punya account nya, kalian sign in. habis itu kalian mainin deh sepuasnya seseru mungkin.
Gimana caranya supaya bisa seru? Nah! Pertanyaan ini nih yg sering bgt muncul ketika org awam nanya ke org yg udh addict bgt sama ask fm.

Caranya tuh kalian follow temen-temen kalian yg udh punya account ask fm. Kalian search username mereka lalu kalian follow. Pasti yg punya twitter ngerti deeeehh ^^ nah habis itu supaya kalian di follback, kalian minta ke mereka supaya di follback lewat kolom asking di profil temen kalian tersebut dan jangan lupa buat non-aktifin anonim supaya nama lo itu ke detect di question lo buat dia.
Apa itu anonim? Anonim itu tuh kayak persembunyian identitas kita. Jadi kl lo asking org dengan anonim yg aktif. Orang yg lo ask itu gabakal tau yg ask itu siapa bcs username lo gak muncul di question.
Gimana caranya tau kalau anonim kita aktif? Caranya nih sebelum lo ask org itu, lo liat di bagian pojok kanan bawah kolom asking tsb. Disitu ada kotak kecil. Nah kalau kotak itu ada tanda checklist nya berarti anonim lo aktif, begitu sebaliknya. Ngerti kan? ^^
Apa serunya dengan anonim? Ya seru dong, lo bisa nanya ke orang yg pengem lo tanya tanpa diketahuin org tsb. Contoh nih misalnya lo mau tau kesukaan dia apa. Lo kan bisa asking dia pake anonim, dan nanti sama dia dijawab deh. *tergantung orang nya sih* simple kan?

Nah disini gue mau kasih tau istilah-istilah yg ada di ask fm (ex: fi, tbh, impers, desc, pap,dsb) yg bikin kita jadi addict bgt sama nih socmed *cekidot*

1. TBH?
TBH : To Be Honest (jujur)
Artinya lo itu disuruh jujur sama orang itu. (Ex: lo dapet question 'tbh' nah lo harus answer tapi lo harus jujur ttg dia. Misalnya org itu jahat ya lo bales aja 'jahat'. Atau baik ya lo jawab 'baik' dst) dengan syarat! orang yg asking lo ini bukan anonim ya. Bcs what? Kalo dia anonim, lo gabisa tau siapa org itu. Gimana mau jujurnya. Yakan?

2. FI?
FI : First Impersonate
Semacam pikiran pertama lo ketika lo baru bgt kenal dia. Hampir sama kayak tbh sih sebenernya. lo dpt ask about Fi ke org tersebut(tanpa anonim) nah lo inget inget deh pertama kali lo kenal dia, apa yg pertama kali lo pikirin. (Ex: "anjir nih orang jutek banget")

3. Likers Get?
kalo kata itu ada di beranda lo, lo like aja! nanti lo dapet sesuai apa yang dibilang orang yg answer ask tsb (ex: likers get? Fi) lo like aja. Terus ntar lo tunggu pasti dapet fi dari orang tadi.
Tapi kalo lo dapet question 'likers  get' ya lo jawab terserah lo mau ngasih ke likers apa. Kalo misalkan lo bilang “10likes” ya lo harus bener-bener nepatin. Tiap orang yang like answer lo itu, lo harus like answeran orang itu nyampe 10 kali. Misalnya yang like likers get lo itu ada 100 ya lo tetep harus kasih 10 likes nyampe 100 orang itu. Kecuali sebelumnya lo nambahin kata “semampu gue ya” baru lo boleh nyampe 20 atau 50 likers aja.
Jadi intinya, kaya lo itu janjiin ke orang-orang. kalo answeran lo itu dilike, lo bakal kasih dia likes back gitu sesuai omongan lo tadi misalnya 10likes ya lo harus like 10 answer yg ada di profil dia. boleh jg kok kalau lo minta likeback.

4. Q?
Q (question)
Misal ada orang yang nge answer "5q" dari pertanyaan likers get. Nah nanti kalo lo like answer dia, lo bakal dikasih 5 pertanyaan dari dia. Atau kalo misal “5q dipisah” ntar lo dapet 5 pertanyaan dipisah gitu.

5. Impersonate?
Impers (impersonate)
Misal ada yang ask kamu “impers me” biasanya yang bilang gitu cuma temen temen yg lo kenal aja. Soalnya impersonate itu kayak lo niruin apa yang biasa diomongin sama si asking itu. Misal si asking itu suka ngomong “bego lo”, “temenin pipis yu” ya lo jawab aja “bego lo” “temenin pipis yu” dll beserta caption gitu kayak ngasih tau cara dia ngomong (ex: *pas lg kebelet* *ngomongnya lenjeh*) gituuu^^

6. Describe?
Description about asking
Maksudnya lo disuruh deskripsiin si penanya itu. (ex: orangnya kurus tapi baik juga agak manja gitudeh. Terus kadang suka...... Dst) gitu sampe lo bener-bener puas haha ^^

7. D + I?
D+ I (impersonate+describe)
Gabungan dari desc dan impers. Biasanya ini panjang bgt. Tapi bikin seru loh, karna secara otomatis kita nginget nginget hal ttg dia kan?

8. Fact?
Fact (fakta)
Maksudnya lo nyebutin fakta ttg dia tergantung dia minta nya berapa kalo dia ask "20 fact about me" nah lo jawab deh tuh sampe point 20 ttg fakta fakta nua dia (ex: 1. Cantik 2. Gaul 3.pinter..... dst)

9. Rate?
ini juga ada di answer likers get. (ex: likers get? Rate 10/100). Artinya, kalo lo like answeran dia, lo bakal dikasih rate sama dia dari 10-100. Terserah dia mau kasih berapa. Kalo misal lo dapet 80/100 berarti penilaian dia ke lo itu 80 dari 100.
Kadang ada yang ratenya itu pake pic. Lo bisa liat keterangan di pic itu. Misalkan ada tulisan di pic nya (tv: famous, shoes: ugly, flower: beautiful/handsome) terus misalnya lo dapet ask tv. Itu artinya lo itu famous

10. Dare?
Dare : tantangan
Biasanya ini juga ada di answer likers get. Jadi kalo lo like, ntar lo dapet tantangan dari si penulis likers get dare itu. Terserah orangnya mau ngasih dare apa ke lo. Biasanya nyuruh lo ngelike answeran dia.

11. BF?
Bf (Best Feature)
Ini juga biasanya ada di likers get. Jadi ntar orang ngasih sesuatu yg the best di diri lo. (ex: hidung, rambut, senyum) artinya hidung, rambut, senyum lo itu the best dari yang lainnya.

12. PC?
PC (PHOTO CHALLENGE)
Kalo ada orang kasih lo pc, artinya photo challenge/tantangan foto. Jadi ntar lo itu disuruh foto sesuai dengan ketentuan yg dia kasih. (ex: pc 1. Muka tablo, 2. Nyengir kuda, 3. peace, 4. Foto sama kucing, dst)

13. PAP
(Post a picture)
kalo ada orang yang bilang "pap" itu maksudnya lo harus nge-post foto apa aja. (ex: pap with ur bestfriend) artinya lo suruh upload foto lo bareng sahabat lo.

Nah segitu aja dulu info nya! Semoga lo yg sebelumnya gak tau jadi tau
Lo juga bisa kok nanya gue di ask fm nih linknya ask.fm/adyanurs

Semoga bermanfaat ^^